Tuesday, November 2, 2021

Standarisasi, Komponen, dan Klasifikasi Open Top Container Pengiriman

Open top container yang diproduksi pada waktu yang berbeda, oleh perusahaan yang berbeda, di tempat yang berbeda masih dapat disatukan dengan sempurna. Dan itu bukan kebetulan. Ekosistem peti kemas atas terbuka ditentukan oleh persyaratan yang menentukan hampir semua hal tentangnya. 

Dalam artikel ini akan sedikit dibahas dimensi kontainer pengiriman. Berikut ini, standarisasi kontainer, diklasifikasikan, dan dibangun.

Standar kontainer

Standar resmi untuk kontainer dikendalikan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi, atau ISO. Informasi yang relevan sebenarnya terkandung dalam beberapa dokumen yang berbeda, antara lain:
  • ISO830 memberikan definisi dan terminologi yang terkait dengan container
  • ISO 6346 mencakup kode dan tanda klasifikasi container
  • ISO 1161 menjelaskan fitting sudut yang digunakan dalam container.
  • ISO 668 berfokus pada dimensi dan kinerja container
  • ISO 1496 memberikan spesifikasi dan metode pengujian untuk container
Sayangnya, Anda harus membeli salinan standar ISO untuk mengaksesnya. Namun, perpustakaan setempat Anda mungkin dapat menyediakan akses elektronik. Kebanyakan orang tidak terlalu perduli degam standarisasi ISO tersebut. ISO tersebut ditulis untuk para profesional yang membuat peti kemas atau suku cadangnya, dan bukan untuk konsumen individu.

Klasifikasi kontainer

Kami menyebutkan di atas bahwa ISO 6346 mencakup klasifikasi kontainer dan Anda mungkin bertanya-tanya apa artinya sebenarnya. Meskipun Anda mungkin hanya terbiasa dengan beberapa jenis ukuran dan tingi container, sebenarnya ada lusinan kemungkinan konfigurasi. 

Container diidentifikasi dengan ukuran alfanumerik empat digit dan kode jenis sesuai dengan ISO 6346. Dua digit pertama disebut “kode ukuran” dan dua digit kedua disebut “kode jenis”. Inilah arti kedua kode ini:
  • Digit pertama dan kedua: panjang dan lebar / tinggi
  • Digit ketiga dan keempat: fungsi / properti
Mari kita coba beberapa contoh: 22R0
  • Digit pertama: ‘2’ berarti panjangnya 20 kaki
  • Digit kedua: ‘2’ berarti tinggi 8 kaki 6 inci dan lebar 8 kaki
  • Digit ketiga dan keempat: ‘R0’ berarti didinginkan secara mekanis
MNG1
  • Digit pertama: ‘M’ berarti panjang 48 kaki
  • Digit kedua: ‘N’ berarti tinggi 9 kaki 6 inci dan lebar minimal 8 kaki 2,4 inci
  • Digit ketiga dan keempat: ‘G1’ berarti Container serbaguna dengan lubang ventilasi kecil di bagian atas palka

Perusahaan Open top container

Mungkin ada sedikit perbedaan dalam dimensi peti kemas atas terbuka dari produsen yang berbeda, yang tetap mematuhi standar ISO. Namun, biasanya cukup sulit untuk menemukan informasi tentang produsen kontainer tertentu karena mereka tidak benar-benar memasarkan ke konsumen. 

Sebagai gantinya, Anda mungkin dapat menemukan perusahaan pelayaran atau perusahaan yang awalnya menggunakan kontainer untuk informasi yang relevan. 

Komponen dan suku cadang container

Pada umumnya open top container hanya rakitan yang terdiri dari lusinan bagian yang dilas bersama untuk membentuk kotak baja yang sudah dikenal. Di bawah ini kami menjelaskan komponen kontainer pengiriman utama, termasuk ukuran dan kemungkinan variasi yang mungkin Anda temui.

sudut

Salah satu bagian khas dari container adalah sudut logam cornya. Potongan besar baja memiliki lubang memanjang yang juga dipasangi alat kelengkapan twistlock. Sudut memberikan container modularitas mereka dan memungkinkan mereka untuk melekat pada hal-hal lain dan satu sama lain.

Pengecoran sudut open top container

Fitting sudut itu sendiri terbuat dari baja tuang dan biasanya memiliki lubang di tiga sisi yang tidak menghadap container itu sendiri. Umumnya, lubang berdiameter sekitar 2-3 inci (walaupun lonjong), tetapi bentuknya tidak semuanya sama. Ada juga perbedaan di beberapa lubang tergantung pada apakah sudutnya berada di bagian atas atau bawah Container.


Posisi dan jenis fitting sudut pada kontainer pengiriman
Untuk melihat dimensi yang sangat spesifik dari setiap lubang pada setiap container sudut, lihat ISO 1161 atau temukan pengecer / produsen yang menjual perangkat keras dan memiliki gambar toko terperinci yang tersedia seperti: Lokomotif tandem atau Angkatan Laut Pasifik.

Jarak sudut open top kontainer

Bagian dari memahami sudut itu sendiri adalah memahami bagaimana jaraknya. Ukuran luar peti kemas sedikit kurang penting daripada posisi fitting sudut. Sudut adalah tempat container bersentuhan, jadi pemosisiannya sangat penting.


Jarak antar coran pojok container pengiriman (klik gambar untuk memperbesar)
Dimensi sudut container yang paling penting adalah jarak antara pusat lubang baik dalam arah lebar (ditandai dengan “P” di atas) dan dalam arah membujur (ditandai dengan “S” di atas). Untuk hampir semua kontainer, P adalah 2259 mm (7 kaki 4,94 inci). Untuk container 40 feet, S adalah 39 kaki 3,85 inci. Untuk container 20 feet, S adalah 19 kaki 2,43 inci (5853 mm).

Container yang lebih lebar seperti model lebar palet dan 48 kaki / 53 kaki biasanya masih memiliki dimensi P yang sama. Ini dilakukan dengan menggeser lubang di fitting sudutnya sedikit ke dalam. Kontainer yang dibahas adalah 45 kaki, 48 kaki, dan 53 kaki lebih panjang memiliki delapan tambahan “sudut” fitting 40 kaki selain konektor di sudut yang sebenarnya.
Container 2x 20 feet, 40 feet, 45 feet, 48 feet, dan 53 feet ditumpuk menunjukkan coran sudut “perantara” pada 40 feet pada kontainer yang lebih panjang (sumber)
Delapan perlengkapan sudut tambahan, kadang-kadang juga disebut sudut tengah, dapat dibentuk sedikit berbeda dari sudut normal. Seperti disebutkan sebelumnya, container yang lebih panjang bisa beberapa inci lebih lebar, sehingga fitting sudut di antaranya harus menempatkan lubang sedikit ke dalam untuk membuat sambungan yang benar dengan container normal.

 

Fitting sudut tengah dapat dibentuk sedikit berbeda sehingga lubang lintasan dalam container normal berada pada posisi yang benar (sumber)
Jarak vertikal antara pusat lubang fitting sudut container atas dan bawah bervariasi tergantung pada ketinggian container. Jarak biasanya sekitar 5,6 inci (142mm) lebih sedikit dari tinggi total, meskipun tidak ditentukan secara langsung oleh ISO.

Kulit lembaran logam

Container terkenal dengan lembaran besi bergelombang yang membentuk sisi dan atasnya. Meskipun tidak semua container memilikinya (misalnya, container pendingin memiliki bagian luar yang halus), sebagian besar memilikinya untuk menambah kekuatan. 

Dan meskipun dimensi kerut dapat bervariasi, sebagian besar container modern menggunakan dimensi kerut yang sama. Satu hal yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa ombak sebenarnya berbeda antara sisi panjang, sisi pendek (depan dan belakang termasuk pintu), dan bagian atas. Di bawah ini kami menunjukkan dimensi ketiga jenis kerut.

Dimensi sisi container



Dimensi sisi container
Sisi container biasanya memiliki undulasi vertikal. Ketebalan total kerut berkontribusi pada hilangnya lebar bagian dalam container, itulah sebabnya perhatian khusus harus diberikan pada kerut ini.

Kerutan di ujung peti kemas


Dimensi kerut di ujung container
Kebanyakan peti kemas hanya memiliki satu pintu, sedangkan ujung lainnya adalah dinding besi bergelombang yang kokoh. Finishing masif ini memiliki ikal berbeda yang unik. Namun, berorientasi vertikal, sehingga dari kejauhan dapat terlihat seperti gelombang samping.

Kerut pintu kontainer



Dimensi kerut pintu di ujung container 
Setiap kontainer memiliki setidaknya satu set pintu dan kontainer berujung ganda (terowongan) memiliki dua set. Pintu-pintu itu sendiri memiliki gelombang, meskipun jumlah dan orientasi gelombangnya sangat berbeda di antara satu sama lainnya. 

Biasanya ada dua hingga lima kerutan horizontal per pintu, meskipun tiga adalah yang paling umum dan kami membahasnya di atas. Biasanya poros horizontal pada setiap pintu dipusatkan secara vertikal.

Kerutan atap kontainer



Dimensi kerut atap container 
Atap peti kemas umumnya, selain open top container, memiliki bentuk unik yang sedikit berbeda dengan bagian lembaran logam lainnya. Alih-alih hanya menjadi baja datar yang hanya ditekuk dalam satu dimensi (sehingga seluruh panjang pelat sama dengan bagian belakang dan samping), atapnya berbentuk tiga dimensi. 

Pertama, memiliki lekukan yang sangat kecil atau cembung sehingga air mengalir ke sisi-sisi container. Selain itu, ombak tidak sampai ke tepi atap, tetapi berakhir dalam lingkaran beberapa sentimeter dari tepi.



Lantai
Bagian bawah peti kemas biasanya terbuat dari kayu lapis (lembaran tipis atau lapisan veneer yang direkatkan dengan masing-masing “lapisan” diputar 90 derajat dari lapisan di bawahnya). Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa container menggunakan dasar bambu atau logam, tetapi ini tidak umum. 

Kayu lapis di rumah kontainer biasanya sekitar 28mm tebal dan terdiri dari 19 atau 21 lapisan kayu keras tropis kepadatan tinggi. Seringkali itu adalah jenis kayu yang disebut apitong. Kayu lapis dibaut ke anggota lintas saluran-C baja di bawah lantai yang menjangkau lebar container. 

Produsen open top container tidak memiliki ukuran dan jarak standar untuk jenis ini, jadi jenis peti kemas ini tidak menyediakan dimensi apa pun. 

Namun, mereka biasanya berjarak kurang dari 2 kaki dan dilas ke kedua rel bawah container. Area terbuka di bawah lantai dan di antara anggota silang biasanya memiliki sekitar enam inci ruang bebas vertikal di atas lantai untuk Anda menjalankan utilitas. 

Jarak antar anggota silang juga dipengaruhi oleh keberadaan kantong forklift dan terowongan leher angsa
 




No comments:

Post a Comment

Sertifikasi Plat CSC untuk kontainer pengiriman

Di arena saat ini, industri maritim adalah salah satu industri terbesar di dunia. Ini mempekerjakan penggunaan sejumlah besar kontainer bara...